Fish

"Lingkungan Alam dan Buatan" Materi IPS Kelas 3

Standar Kompetensi  : 1  Memahami lingkungan dan melaksanakan kerja sama di sekitar     rumah dan sekolah
Kompetensi Dasar       : 1.1  Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah
Lingkungan Alam  Dan Buatan
  1.  Lingkungan Sekitar Kita
            Pernahkah kamu pergi keluar kota bersama keluarga ? Mungkin ada yang sudah pernah dan ada pula yang belum pernah. Kalau kamu pergi  keluar kota,kami bisa melihat secara bebas keadaan alam di sekitar. Dari kejauhan , kamu dapat melihat gunung dan bukit, Di kaki gunung  biasa terdapat danau yang airnya jernih. Danau-danau itu ada yang luas dan dalam,tetapi ada juga danau yang tidak luas dan tidak dalam.
 
            Selain ada danau,di kaki bukit juga biasa terdapat mata air. Air dari mata air itu mengalir menuju daerah yang lebih rendah. Aliran air dari mata air tadi akan membentuk sebuah sungai. Adakah orang yang mandi di surgai ? Tentu saja ada. Bentuk aliran sungai itu berkelok –kelok. Aliran air sungai itu akan bermuara ke danau atau ke laut. Sungai-sungai yang besarnya pada umumnya bermuara  ke laut. Air sungai tidak pernah kering walaupun di musim kemarau. Mengapa demikian ? Karena kita memiliki hutan yang sangat luas. Di dalam hutan banyak terdapat pohon baik yang besar maupun kecil. Pohon-pohon itu dapat menahan air hujan sehingga air hujan itu diserap oleh tanah. Air hujan yang turun tertahan oleh akar tumbuhan dan masuk kedalam tanah. Lama kelamaan air hujan akan menjadi mata air.
            Di daerah dataran tinggi kamu dapat melihat hamparan perkebunan seperti perkebunan  teh. Selain gunung dan perbukitan, kamu dapat melihat  sawah dan ladang yang membentang luas. Dari kejauhan , padi-padi di sawah itu  nampak menghijau kalau padi tersebut masih baru dan belum berbuah. Namun setelah padi-padi itu berbuah dan sudah tua,maka akan terlihat menguning. Padi yang sudah menguning dapat dipanen.
            Selain itu,kamu dapat pula melihat tanaman yang ditanam di ladang. Apa saja contoh tanaman  di ladang itu ? Tanaman yang ditanam di ladang antara lain: jagung,singkong,kacang hijau,kacang kedelai dan sebagainya.
            Di pasar,kamu dapat melihat buah-buahan dan sayur-mayur yang di jual orang. Sayuran dan buah-buahan itu ditanam orang di kebun. Apa lagi yang dapat ditanam di kebun ? Tentu masih banyak lagi tanaman yang dapat ditanam  di kebun seperti bunga-bungaan . Coba sebutkan nama-nama bunga yang kamu ketahui !
            Apalagi yang dapat kamu lihat pada waktu keluar kota ? Kamu dapat melihat tempat pemukiman penduduk yang berbeda dengan pemukiman di kota. Rumah-rumah di desa dikelilingi oleh sawah dan kebun. Lain halnya dengan rumah di kota-kota besar. Rumah di kota biasanya dikelilingi oleh kantor,mall dan took-toko . Di desa,kamu dapat melihat jalan-jalan kampong. Ada jalanan yang sudah diaspal.Ada juga yang belum.
            Diatas sungai terdapat jembatan. Adakah jembatan di kota ? Tentu ada bukan ? Jembatan itu ada yang terbuat dari besi,dan ada juga yang terbuat dari semen.
            Di kota-kota besar,kamu dapat melihat lapangan terbang dan pelabuhan. Dahulu,listrik hanya ada di kota-kota besar. Namun sekarang ,listrik sudah ada di desa-desa. Listrik banyak dihasilkan  dari pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Mengapa dari PLTA ? Kamu tentu masih ingat bahwa  negara kita memiliki banyak sungai-sungai besar dan kecil. Dari sungai besar,dapat dibuah bendungan atau waduk yang besar pula. Air dari bendungan itu digunakan untuk menggerakkan turbin listrik. Dapatkah kamu menyebutkan nama waduk yang ada di daerahmu ? Selain sebagai pembangkit tenaga listrik,air waduk dapat digunakan juga sebagai irigasi (pengairan sawah), sumber air bersih ( air minum ),peternakan ikan air tawar,dan sebaginya.Waduk dapat juga digunakan sebagai tempat rekreasi .
            Dari uraian di atas , dapat di ketahui bahwa  lingkungan kita luas sekali. Apa saja yang termasuk lingkungan itu ? Gunung,bukit,sawah,ladang,waduk dan kebun merupakan contoh dari lingkungan sekitar kita. Lingkungan sekitar kita dapat dibedakan menjadi dua,yaitu lingkungan alam dan lingkungan buatan.
  1. Lingkungan Alam
            Coba kamu amati lingkungan sekitar sekolah atau rumahmu ! Apa saja yang dapat kamu lihat ? Tentu banyak sekali,bukan ? Dengan mengamati lingkungan sekitar rumah atau sekolah, kamu dapat melihat ada gunung,sungai,danau,lapangan rumput,bukit,dan sebaginya. Semua itu merupakan contoh lingkungan alam.
            Lingkungan alam adalah semua yang terdapat di sekitar kita yang terbentuk secara alami bukan hasil buatan manusia. Coba kamu amati gambar lingkungan alam seperti pada gambar berikut !
Pantai adalah salah satu contoh lingkungan alam
  1. Lingkungan Buatan
                        Selain lingkungan alam,kamu mengenal istilah lingkungan buatan. Lingkungan buatan  ( kenampakan buatan ) adalah lingkungan yang sengaja dibuah oleh manusia. Lingkungan buatan sengaja dibuat oleh manusia untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya.
                        Manusia sengaja membuat kolam di dekat  rumah agar dapat  memelihara  ikan. Ikan yang diperlihara di kolam itu dapat memenuhi  kebutuhan akan protein  hewani. Kebun  dibuat  di halaman belakang rumah untuk memenuhi kebutuhan  akan sayur-sayuran,dan sebagainya.
                        Lingkungan buatan dapat dibedakan menjadi dua yaitu lingkungan buatan yang berkaitan dengan alam dan lingkungan buatan yang berkaitan  dengan bangunan. Lingkungan buatan yang berkaitan dengan alam antara lain waduk dan ladang.
                        Sedangkan lingkungan buatan yang berkaitan dengan  bangunan antara lain jembatan  dan jalan raya. Untuk lebih memahami kedua lingkungan buatan ini,coba kamu amati dan perhatikan tabel berikut ini !
a)      Lingkungan buatan yang berkaitan dengan alam
           
Pertambakan
Kebun buah
Persawahan
Hutan buatan
Perkebunan
Tempat wisata
dan sebagainya
dan sebagainya
b)      Lingkungan buatan yang berkaitan dengan bangunan.
           
Saluran irigasi
Pelabuhan
Kawasan industry
Kawasan pemukiman
Bandara
Pasar
dan  sebagainya
dan sebagainya
  1. Manfaat Lingkungan Alam dan Buatan
1.      Manfaat Lingkungan Alam
                        Indonesia memiliki alam yang sangat indah.Kita wajib bersyukur karena dianugerahi alam yang sangat luas dan indah ini. Kita harus dapat memanfaatkan alam ini dengan sebaik-baiknya.
                        Sebagaimana telah dijelaskan bahwa lingkungan alam itu antara lain gunung,sungai,laut dan sebagainya. Tahukah kamu apa manfaat lingkungan alam bagi kehidupan manusia ? Tentu banyak sekali manfaat yang dapat diambil oleh manusia . Berikut ini akan dijelaskan manfaat gunung,dataran tinggi,dataran rendah ,sungai,dan pantai
a.      Gunung
            Banyak sekali manfaat yang dapat diambil oleh manusia dari gunung . Gunung tidak berapi dapat dimanfaatkan untuk kegiatan perkebunan ,kehutanan,suaka margasatwa,tempat rekreasi,dan sebagainya.
            Gunung yang hutannya terpelihara dengan baik dapat menjaga sumber air tanah.Gunung berapi yang masih aktif dapat menghasilkan batu,pasir,belerang dan sebagainya.Sumber air panas dapat di temukan di daerah dekat gunung berapi. Air panas dapat dijadikan obyek wisata  yang sangat menyenangkan. Adakah obyek wisata air panas di daerahmu ? Kalau ada coba kamu ceritakan kepada teman-teman sekelasmu !
b.      Dataran Tinggi
            Dataran tinggi adalah daerah dataran yang memiliki ketinggian tertentu. Di Indonesia  banyak sekali terdapat  daerah dataran tinggi. Daerah dataran tinggi dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk tempat peristrihatan . Selain itu,daerah dataran tinggi sangat baik untuk menanam tanaman sayuran dan buah-buahan.
c.       Dataran Rendah
            Daerah dataran renda terdapat di daerah  sekitar pantai. Daerah dataran rendah dimanfaatkan manusia untuk berbagai kegiatan seperti : daerah pertanian,peternakan,perumahan,industry,serta beberapa jenis kegiatan perkebunan seperti : perkebunan tebu dan kelapa.
d.      Sungai
            Adakah sungai di daerahmu ? Tentu ada bukan ? Sungai dapat dimanfaatkan  manusia untuk mencuci dan mandi. Bahkan di daerah-daerah tertentu seperti di Kalimantan,sungai menjadi sarana transportasi utama. Dalam sungai hidup berbagai jenis ikan seperti : ikan emas,tawes,mujaer,maupun gurame. Sungai-sungai di Kalimantan dimanfaatkan manusia untuk sarana transportasi . Coba kamu sebutkan apa saja manfaat sungai di daerahmu ?
e.      Pantai
            Daerah datar di pinggir laut disebut pantai. Pantai yang landai dan datar dimanfaatkan manusia untuk tempat rekreasi  atau obyek wisata.Di Indonesia banyak terdapat obyek wisata pantai.
            Di Jakarta misalnya terdapat  obyek wisata pantai Ancol. Tentukan di daerahmu ada juga pantai yang menjadi obyek wisata,bukan ? Kalau ada coba kamu tuliskan nama obyek wisata tersebut !
2.      Manfaat Lingkungan Buatan
            Lingkungan buatan sengaja  dibuat manusia untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya. Kita sudah belajar bahwa lingkungan buatan itu ada yang berkaitan dengan alam dan ada juga yang berkaitan dengan bangunan.
            Setiap lingkungan buatan itu mempunyai manfaat masing-masing. Berikut ini akan dijelaskan manfaat lingkungan buatan seperti : pemukiman ,jalan dan jembatan,waduk,persawahan dan perkebunan.
a.      Permukiman
            Daerah permukiman adalah tempat yang sengaja dibuat manusia untuk tempat tinggal. Manusia membuat permukiman agar lingkungan tempat tinggal penduduk menjadi teratur dan tertib. Daerah permukiman akan terlihat jelas di kota-kota besar. Letak rumah dan jalan-jalan di kota tampak lebih teratur.
b.      Jalan dan Jembatan
            Coba bayangkan jika kamu hendak pergi ke suatu desa tapi desa itu tidak memiliki  jalan yang mulus. Apkah kamu akan pergi kesana ? Tentu kamu berpikir panjang. Jalan merupakan sarana yang penting untuk memajukan daerah. Tanpa jalan,penduduk desa itu akan kesulitan membawa hasil sawah dan kebun kekota. Dua daerah yang dipisahkan oleh sungai dapat dihubungkan dengan membangun jembatan.Dengan adanya jalan dan jembatan,hasil pertanian di suatu daerah  dapat dijual ke daerah lain. Dengan demikian ,hubungan  antardaerah menjadi lancer.
c.       Waduk atau Bendungan
            Air sungai yang mengalir dapat dikumpulkan dengan cara membuat bendungan atau waduk. Air di waduk dimanfaatkan manusia untuk mengairi sawah dan memelihara ikan.Waduk-waduk yang besar dapat dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi.Bahkan ada waduk yang sengaja dibuat untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA),
d.      Persawahan
            Daerah persawahan hampir ada diseluruh  daerah di Indonesia. Daerah persawahan ini banyak ditemukan di daerah pedesaan . Di kota-kota besar daerah persawahan hampir tidak dapat dilihat lagi.
            Daerah persawahan sengaja dibuat  manusia untuk keperluan menanam padi,jagung,kacang kedelai,kacang tanah,kacang hijau, dan sebagainya.
e.      Perkebunan
            Daerah perkebunan adalah daerah yang sengaja dibuat manusia untuk ditanami berbagai jenis tanaman seperti kelapa sawit,karet,kopi,tebu,tembakau,da teh . Hasil perkebunan dapat mendukung kegiatan industry,misalnya : teh dimanfaatkan untuk industry minuman,kelapa sawit dimanfaatkan untuk industry minyak sawit,dan sebagainya.